LA MAIN Á LA PÄTE SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN INSTITUSI INTERNASIONAL

LA MAIN Á LA PÄTE

Oleh :

Max Marcus J. PATTINAMA[1]

 Prolog

La Main à la pâte adalah suatu konsep pengembangan ilmu pendidikan berdasarkan suatu penelitian yang dilakukan dari pendidikan pada level sekolah dasar dan perguruan tinggi. La Main à la pâte sangat sulit diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia tetapi secara umum dapat disebut sebagai “TANGAN DALAM ADONAN”.

La Main à la pâte adalah konsep yang memiliki filosofi yang sangat tinggi yang dibangun pada tahun 1996 oleh Georges CHARPAK, pemenang Nobel Fisika dari Prancis. Kemudian tahun 2012 ditetapkan sebagai landasan kerjasama ilmiah oleh institusi teknik yang bergengsi di Prancis seperti  Ecole Normale Superieure de Paris dan École Normale Supérieure de Lyon. Selanjutnya La Main à la pâte telah menjadi suatu yayasan yang punya pengaruh di Perancis dan di dunia.

Siapa Georges CHARPAK ?

Georges-Charpak

Lahir pada tahun 1924 di Ukraina, Georges Charpak tiba di Perancis dengan orang tuanya pada usia 7 tahun. Kemudian dia harus cepat belajar bahasa Prancis yang akan menjadi lidah baru baginya. Oleh karenanya dia selalu merasa berhutang budi kepada sekolah yang mendidik dia. Sebagai seorang mahasiswa brilian, ia membahas pendidikan tinggi pada saat perang. Bergabung dengan Perlawanan, ia ditangkap dan dideportasi dengan nama palsu Charpentier ke kamp konsentrasi Dachau.

Setelah dibebaskan pada tahun 1945 ia memasuki Ecole des Mines de Paris dan kemudian bekerja sebagai peneliti pada laboratorium fisika nuklir Frédéric Joliot-Curie. Setelah itu dia tertarik dengan fisika partikel elementer, mengantarnya untuk bergabung CERN (le Centre Européen de Recherche Nucléaire), Pusat Riset Nuklir Eropa yang berkedudukan di Jenewa. Tahun 1992 Georges CHARPAK adalah pemenang Penghargaan Nobel dalam Fisika. Tahun1996 mempopulerkan konsep la Main à la pâte untuk melawan kegagalan akademis dan kekerasan di lingkungan miskin. Tahun 2010 Georges CHARPAK meninggal dunia.

 

Manusia Prancis dan Ilmu Pengetahuan

Kami cenderung melihat sesuatu dari dasarnya dalam hubungan kerjasama yaitu manusia seutuhnya sebagai sumbernya. Kami tidak ingin membandingkan antara manusia Prancis dan manusia Indonesia, tetapi ingin mensejajarkan kedua manusia dan budaya tersebut, sehingga dapat terlihat bagaimana kita sampai pada hubungan yang ada sekarang.

Manusianya kami lihat dari segi pembentukannya melalui pendidikan formal (modern) yang terutama mendasari sikap pikir dan pandangnya dalam ilmu pengetahuanya itu. Pendidikan manusia Prancis bertumpu pada ajaran Descartes (lihat : Discours de la méthode) ; dimana akal budi adalah alat yang dipakai untuk melihat mana yang benar dan mana yang salah, berarti mencari apa yang sebenarnya, sehingga manusia itu mendapat keyakinan penuh dari apa yang disimak di luar dirinya. Mereka dididik untuk menemukan sendiri, sehingga mencapai keyakinan yang kokoh atas kebenaran objek yang disimak. Dengan kata lain tiap manusia itu yakin akan kebenaran pandangannya. Demikianlah dikenal ungkapan “autant de têtes, autant d’avis”.

Oleh karena itu mulai dari bangku sekolah mereka sudah dilatih untuk mengembangkan observasi, menganalisis apa yang diamati untuk menilai kebenarannya (l’objet des etudes doit être de diriger l’esprit jusqu’à le rendre capable d’énoncer des jugements solides et vrais sur tout ce qui se présente à lui). Mereka selalu mempertanyakan « kenapa dan bagaimana » (le pourquoi et le comment) untuk meyakinkan kebenaran pandangannya. Maka dapatlah dimengerti bila pada umumnya mereka kurang terbuka dalam arti bahwa kebenaran pandangannya menjadi keyakinannya yang akan dipegang teguh sampai ada pembuktian lain yang menunjukkan ketidakbenarannya.

Di sini dapat dilihat bahwa ide atau pendapatlah yang dikembangkan dan dihargai. Selain itu cara pemaparan penalarannya pun harus jelas dan beruntun dalam hubungan sebab akibat. Oleh karena itu penilaian dan ide yang tepat dan bersifat subjektif itu menjadi ukuran keunggulan seseorang. Perdebatan pendapat dapat dikatakan menjadi suatu kebutuhan bagi manusia Prancis itu. Seseorang yang tidak mengemukakan pendapat tidak menarik. Ide orisinal selalu dicari. Ini tampak dalam pencarian mereka atas dasar ingin tahu akan hal-hal yang khas, istimewa, atau tidak umum. Wajar pula bila mereka memupuk pengetahuan yang luas dan ungkapan « memiliki kepala yang penuh pengetahuan » menjadi tujuan manusia yang berpendidikan. Dan pengetahuan yang didapat berdasarkan rasa ingin tahuakan apa yang ada di luar dirinya itu berarti hasil dari hubungan antara subjek dan objek, Manusia yang demikian akan selalu melihat apa yang di luar dirinya.

Dengan sikap pandang tersebut, kami melihat bahwa selama mereka berada dalam konteks dunianya, terutama bila objeknya dari duania Prancis sendiri, tidak kami rasa ada keganjilan pada pandangan mereka. Keganjilan itu akan timbul bila objek pandangnya adalah fenomena Indonesia atau dari budaya “asing”. Maka pandangan mereka kurang mengena (sebenarnya adalah fenomena universal).

Pertanyaan lain timbul, bagaimana dampak tulisan mereka yang menjadi acuan bagi mereka yang belum mengenal realitasnya ? Pemaparan yang disampaikan dengan nada yang meyakinkan sikap yang tertanam pada manusianya akan mudah diterima sebagai kebenaran realitas objeknya. Terlebih lagi pakar dianggap sebagai orang yang memahami objeknya. Bagaimanapun para pakar itu sedikit banyak menyadari bahwa pandangan mereka itu suatu interpretasi.

 

Manusia Indonesia dan Ilmu Pengetahuan

Dalam mengenal lahan Indonesia dimana tumbuh ilmu pengetahuan modern ini, kita menyadari bahwa suatu sistem budaya tradisional dan modern berjalan bersama dan ilmu pengetahuan itu di sini tumbuh di atas akar budaya tradisional tersebut.

Bagaimana akar budaya tradisional ini ? Sebenarnya sudah kita pahami bahwa ilmu yang tumbuhdari akar tradisional ini berbeda. Ilmu di sini merupakan ajaran hidup dan menuntun manusia untuk menjadi “manusia utama”. Di sini ilmu tidak dipelajari sebagai pengetahuan yang didasari oleh rasa ingin tahu, tetapi harus diresapi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, jadi memang tidak dapat disebut ilmu pengetahuan. Dalam ilmu ini manusianya dituntun untuk menyimak ke dalam dirinya dan meresapi apa yang ada di luar dirinya tanpa memberi pendapat. Sedang yang disebut manusia itu adalah manusia seutuhnya yaitu lahir dan batin. Sikap pandangnya pun menyeluruh (Global) dan manusia itu sendiri adalah bagian dari alam raya ini.

Dengan demikian mereka ini tidak didorong untuk mengemukakan pandangan atau ide mereka, perdebatan pun tidak mudah timbul. Mereka lebih cenderung mengikuti sikap seperti dalam ungkapan ilmu padi : makin berisi makin merunduk. Diam adalah sikap “manusia utama”, manusia yang sempurna lahir batin. Pendidikan tradisonal menuntun manusianya manuju sikap tersebut.

Ilmu pengetahuan yang kemudian tumbuh di atas lahan tradisional ini tentu tidak berproses sama seperti pada lahan aslinya. Dengan masuknya pendidikan BARAT kadar unsur tradisional dalam diri manusianya memudar tergantung dari penyerapan modern tersebut. Akan tetapi sadar atau tidak, unsur-unsur tradisional itu tidak akan lenyap dan pada kondisi tertentu akan muncul juga.

 

Strategi Membangun Kerjasama

Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri. Kita membutuhkan orang lain. Orang lain akan menutupi kelemahan atau menambah kekuatan kita. Namun untuk membangun hubungan kerjasama apalagi kerjasama internasional dengan pihak lain bukanlah perkara mudah. Tidak jarang kita gagal membangun hubungan karena kita tidak siap.

Berikut ini beberapa cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain berdasarkan pengelaman kami :

1.Tentukan Tujuan

Tentukan dengan jelas mengapa harus bekerjasama. Apa yang bisa didapatkan? Apa yang bisa diberikan? Saat kita bisa menjawab pertanyaan ini, maka kita bisa mencari pihak yang tepat untuk diajak kerjasama. Hal ini akan membuat kita lebih efektif dan fokus pada tujuan dari kerjasama dimaksud.

2.Siapkan Profil

Siapkan beberapa materi tentang institusi ini. gali latar belakangnya dan buat menjadi sebuah cerita (atau organisasi yang dimiliki). temukan hal-hal menarik. Pihak luar biasanya menyukai cerita. Hal ini cukup menarik ketika kita mulai menceritakan “Unpatti itu siapa” (diskripsi diri).

3.Buat Kesan Positif

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda” begitu kiranya sebuah tagline sebuah brand terkenal. Kesan pertama memang sangat penting. Banyak orang tidak punya banyak waktu. Berikan kesan positif yang apa adanya. Jangan berlebih-lebihan. Hal ini bisa merusak hubungan dikemudian hari.

4.Fokus pada Kualitas bukan Kuantitas

Kita boleh membuat sebanyak mungkin jaringan kerjasama. Namun kita harus bisa memlih prioritas mana yang bisa kita bangun kualitas hubungannya. Cari yang benar-benar kita butuhkan dan memberikan manfaat lebih banyak. Sesuaikan juga dengan kondisi Unpatti yang sebenarnya.

5.Hargai Pendapat dan Kebiasaan

Setiap orang (atau organisasi) mempunyai kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan pihak yang diajak untuk bekerjasama. Jangan pernah membandingkan dengan orang atau organisasi lain yang kita anggap lebih baik. Sadarilah setiap orang atau organisasi mempunyai keunikan sendiri.

6.Tunjukkan Antusiasme

Tunjukan bahwa kita sangat senang bisa mengenal orang atau institusi yang diajak untuk bekerjasama. Lakukan dengan TULUS. Cobalah untuk memahami dan mengenal mereka secara mendalam lebih dahulu. Orang akan lebih senang bila orang lain mengenal dan mau memahami mereka.

7.Tawarkan Bantuan

Jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Jika Unpatti memang merasa sanggup untuk membantu, mengapa harus menunggu sampai pihak yang diajak kerjasama meminta? Bersikaplah proaktif. Bantuan yang kita berikan pasti kembali pada generasi berikutnya di suatu saat nanti.

Epilog

Apa yang kami sampaikan di atas ini diperoleh selama perjalanan hidup kami menapak dunia tradisional dan modern, jadi kami berada pada dunia transisi. Dengan demikian sangat sulit untuk kami bisa bereaksi sesuai dengan keinginan dua dunia sebagai realitas, untuk itu kami hanya bisa sarankan bahwa dunia pendidikan di Indonesia seyogyanya dibangun dengan sangat serius agar transformasi ilmu pengetahuan bisa berlangsung sebagaimana pada lahan aslinya. Dalam pandangan kami, seminar sehari ini ingin Unpatti menuju pada kelas internasional maka yang bisa kami katakan adalah pikiran itu akan bermuara pada :

  • Pemerian pengalaman pribadi
  • Pandangan yang diberikan oleh subjek pada objeknya
  • Pandangan yang diberikan oleh subjek yang berada sekaligus dalam objeknya, dengan memakai disiplin ilmu yang mengharuskan keluar dan berdiri di luar objeknya.

 

Makalah Disampaikan pada Acara Diskusi LA MAIN Á LA PÄTE di Warung Prancis (French Corner) Universitas Pattimura Ambon, 12 April 2017.


[1] Guru Besar Ekologi Manusia UNPATTI Ambon

 

101 comments on “LA MAIN Á LA PÄTE SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN INSTITUSI INTERNASIONAL

  1. yohanes latumahina on said:

    Slmt mlm pa , saya sangat setuju dengan 7 cara membangun hubungan kerja sama yg di ungkapkan atau di tulis oleh bapa di dlm blognya bapa , saya berfikir bahwa kalau misalkan 7 cara ini di pegang dan di lakukan oleh kita sbg mahasiswa maka kedepan kita akan membangun hubungan kerjasama dg org lain secara baik dlm bidang apapun.
    Trimakasih pa sdh boleh membagikan tulisan ini bagi kami mahasiswa.

  2. Yosi.D.Matrutty on said:

    selamat malam pa, saya sangat menyukai artikel yang bapa buat, tentang strategi pembangunan kerjasama dengan institusi internasional. semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kami mahasiswa di maluku.dan juga sebagai motivasi bagi anak anak bangsa di maluku atau di indonesia untuk maju bekerja sama dengan negara lainnya. mungkin ini sedikit komen dari saya. terimah kasih pa, sudah mau membagi artikel ini bagi kami mahasiswa.y

  3. Suci Ramdhaniar on said:

    Selamat siang pak, dari artikel diatas saya setuju bahwa memang benar masyarakat di Perancis jauh berbeda dengan kebanyakan orang yang ada di Indoneseia. Jika dipaparkan mungkin akan terdapat banyak perbedaan dan faktor yang menyebabkan. Terlebih juga karena di Perancis mereka sudah mulai di latih dari kecil untuk mencintai Ilmu Pengetahuan, kelemahan orang Indonesia ialah kesadaran, sebagian kecil orang yang sadar akan penting ilmu pengetahuan maka dari itu kecil pula presentase orang yang ‘mampu’. Mungkin dengan 7 cara tersebut bisa menginsporasi. Semoga ilmu dari bapak bisa bermanfaat.
    Terimakasih pak.

  4. Nur Fitri Utami on said:

    Selamat sore pak, saya sepakat dengan artikel tersebut terutama tentang 7 strategi membangun kerjasama. Jika 7 strategi tersebut di terapkan dengan baik dan benar maka akan berhasil menjalankan kerjasama dengan pihak lain.
    Dan terimakasih karena sudah membagikan tulisan ini, karena tulisan ini snagat bermanfaat dan menambah wawasan saya.

  5. Clara W.T Rantetana on said:

    Slamat Mlm pak, dari 7 cara membangun kerja sama yg baik dgn org lain sangat membantu saya untuk lbh memahami dan melatih diri saya agar bisa mencapai 7point diatas. Karna terkadang saya gagal dlm mebangun kerja sama yg baik dgn org lain karena kesan pertama yg buruk atau dianggap kurang menghargai pendapat dan kebiasaan mereka.
    Terima kasih pak untuk ilmunya yg bermanfaat bukan hanya untuk saya tetapi untuk kami smua sebagai mahasiswa.

  6. Clara W.T Rantetana on said:

    Selamat Malam Pak, artikel yg sdh saya baca ini sangat membantu saya dlm proses membangun kerjasama dgn orang lain. Dgn 7 cara ini semoga saya bisa melatih diri saya sebagai mahasiswa untuk tidak gagal dlm membangun kerjasama yg baik. Mungkin karna kurangnya pemahaman tentang cara membangun kerjasama dgn orang lain , membuat saya seringkali gagal.
    Semoga kedepannya bukan hanya saya tetapi teman” yg lain dpt membangun kerjasama yg baik dlm bidang apapun.
    Terima kasih pak untuk ilmunya yg bermanfaat ini.

  7. ALFIANA UMASUGI on said:

    Selamat pagi Pak,dari pembhasan artikel yg Bapak tulis tersebut saya setuju karena manusia perancis dan manusia indonesia memiliki pandangan yg berbeda terlebih di perancis pendidikan adlh yg utama karena dengan pendidikan perancis akan mengalami kemajuan,serta pendidikan sejak dari dini sdh di terapkan di perancis di bantu oleh sumber daya pengajar yang berkualitas maka akan menciptakan didikan yang berkualitas juga.alangkah baiknya indonesia menerapkan sistem pendidikan seperti perancis di mana pendidikan di bantu dengan meningkatkan Sumber daya pengajar yang berkualitas di indonesia dengan begitu pendidikan akan merata di seluruh wilayah indonesia.yang terpenting dari 7 strategi di atas dapat di terapkan dan juga bisa menginspirasi banyak orang khususnya di kalangan mahasiswa. Sekian dan
    Terimakasih Pak.

  8. Selamat pagi Pak.Jadi menurut saya setelah membaca artikel diatas,Dapat memberikan gambaran tentang Bagaimna Strategi membangun Kerjasama dgn orang lain dan kita bisa tau Bagaimna langkah membangun Suatu Wirausaha.

  9. ALFIANA UMASUGI on said:

    Selamat malam Pak,dari pembhasan artikel yg Bapak tulis tersebut saya setuju karena manusia perancis dan manusia indonesia memiliki pandangan yg berbeda terlebih di perancis pendidikan adlh yg utama karena dengan pendidikan perancis akan mengalami kemajuan,serta pendidikan sejak dari dini sdh di terapkan di perancis di bantu oleh pengajar yang berkualitas maka akan menciptakan didikan yang berkualitas juga.alangkah baiknya indonesia menerapkan sistem pendidikan seperti perancis di mana pendidikan di bantu dengan meningkatkan Sumber daya pengajar yang berkualitas di indonesia dengan begitu pendidikan akan merata di seluruh wilayah indonesia.yang terpenting dari 7 strategi di atas dapat di terapkan dan juga bisa menginspirasi banyak orang khususnya di kalangan mahasiswa. Sekian dan
    Terimakasih Pak.

  10. Yudea Doodoh on said:

    Selamat pagi, pak. Je l’aime. Artikel bapak membuat saya sebagai “manusia Indonesia” membaca perbedaan antara “manusia Perancis dan manusia Indonesia”, terima kasih bapak telah berbagi pengalaman bapak yang luar biasa kepada saya, dengan ini saya dapat mempersiapkan diri saya untuk masa depan yang lebih baik lagi. Diantaranya, saya menyukai ungkapan bapak;
    Manusia Indonesia dan Ilmu Pengetahuan
    …. Dengan demikian mereka ini tidak didorong untuk mengemukakan pandangan atau ide mereka, perdebatan pun tidak mudah timbul. Mereka lebih cenderung mengikuti sikap seperti dalam ungkapan ilmu padi : makin berisi makin merunduk. Diam adalah sikap “manusia utama”, manusia yang sempurna lahir batin. Pendidikan tradisonal menuntun manusianya manuju sikap tersebut.
    - Dengan pernyataan bapak seperti ini membuat saya lebih paham, Saran yang kemudian menjurus pada perdebatan, karena kadang, diantara masukkan saran yang diberikan oleh sesama manusia, tentu ada pro dan kontra dalam saran tersebut untuk mengemukakan ide antar sesama manusia agar mendapat tujuan utama dalam individu maupun berkelompok dan bermasyarakat.
    Startegi Membangun Kejasama
    Cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain berdasarkan pengelaman kami pada point ke 5. Setiap orang (atau organisasi) mempunyai kebiasaan dan budaya sendiri. Hargai pendapat atau kebiasaan pihak yang diajak untuk bekerjasama. Jangan pernah membandingkan dengan orang atau organisasi lain yang kita anggap lebih baik. Sadarilah setiap orang atau organisasi mempunyai keunikan sendiri.
    - Tentu, seperti yang saya tuliskan sebelumnya, saya setuju dengan bapak, setiap manusia memiliki pemikiran dan pemahamannya sendiri, keunikan dari manusia tersebut yang kadang membuat perbandingan dirinya dengan manusia yang lain. Diperlukan rasa saling mengasihi antar sesama manusia agar terciptanya keharmonisan dalam berkelompok maupun bermasyarakat.

  11. Kinar vanessa lirian cika on said:

    Selamat sore pak, terimakasih atas ilmu yang telah bapak berika pada artikel ini. Saya sendiri sangat termotivasi untuk melakukan cara kerjasama yang telah bapak paparkan dalam artikel ini.Menurut saya sendiri untuk berkerjasama harus di mulai dari kepribadian kita sendiri yang dapat di bagun dengan strategi bapak agar kita mahasiswa unpatti khususnya saya dapat berkembang dan lebih maju.

  12. Kinar vanessa lirian cika on said:

    Selamat malam pak. Terimakasih atas ilmu yang telah bapak berikan di artikel ini saya sekarang lebih paham dan termotivasi agar dapat menjalin kerjasama yang baik dan benar.Menurut saya sendiri kemampuan agar dapat berkerja sama itu harus di dorong oleh diri sendiri terlebih dahulu dan dengan strategi yang telah bapak berikan,saya yakin dengan strategi ini mahasiswa unpatti akan berkembang dalam kegiatan sosial baik secara nasional maupun internasional.

  13. Paula takndare on said:

    Selamat malam bapak
    Artikel bapak sangat tertarik bagi sya karena lewat artikel ini sya bisa memahami pegetahuan prancis dn pegetahuan indonesia.
    Menurut sya pendidikan prancis merupakan pendidikan yg di lati dari dini sehingga mereka membentuk pendidikan formal (modern) yang terutama mendasari sikap pikir dan pandangnya dalam ilmu pengetahuanya sehingga mereka bisa menciptakan hal yg baru.
    Sedangkan pegetahuan indonesia yang masi bersifat tradisional yang ajaranya untuk menjadi manusia menjadi manusia utama di mana ilmu tdk d pelajari sebagai ilmu pegetahuan
    Yang di dasari oleh rasa ingin tau.
    Oleh karena itu makan saya mengambil kesimpulan bawa pegetahuan prancis dn indonesia merupakan sala saru faktor untuk kita sebagai mahasiswa idonesia untuk bisa seperti orng prancis yg bisa menciptakan hal yang baru.semnga apa yg bapak cantumkan di dalam artikel ini bsa bermanfaat bagi kami mahasiswa

  14. Wa Ode Nurmala on said:

    Selamat sore pak, menurut saya artikel ini sangat bagus untuk dipelajari dan dikembangkan dalam kehidupan bersosial, dimana kita sebagai masyarakat khususnya saya dapat bekerjasama baik secara nasional maupun internasional. Strategi yang telah dipaparkan dapat membangun kepribadian masyarakat Indonesia untuk menjalani kerjasama yang benar. Terimakasih atas ilmu yang telah bapak bagikan kepada kami mahasiswa, ilmunya sangat bermanfaat dan membangun !

  15. Adema pelu:2016-81-021 on said:

    Selamat pagi pak
    Saya telah membaca artikel ini,dan saya tertarik dengan artikel yang saya baca.karna,saya dapat mengetahui betapa pentingnya dan bagusnya hubungan antara manusia prancis serta ilmu pengetahuan dan manusia indonesia serta ilmu pengetahuannya.saya dapat mengetahui perbedaan yang sangat jauh berbeda sekali dari kedua hubungan tersebut.dan kita sebagai manusia indonesia serta ilmu pengetahuannya kita harus mencontohi cara belajar manusia prancis yang dimana mereka dilatih untuk tidak merendahkan atau menjatuhkan orang lain,tetapi mereka dilatih untuk saling mengsejajarkan manusia dan budayanya,dimana akal budi mereka dipakai untuk hal yang baik dan mana yang buruk.
    Saya juga setuju dengan 7 langkah strategi diatas ini.membuat kita sebagai manusia indonesia,dapat menantang dengan 7 langkah tersebut.kenapa,karna dari 7 langkah ini kita sebagai manusia indonesia kedepannya kita dapat membangun hubungan kerjasama dengan orangblain dalam hal apapun.dan tidak menjatuhkan sesama manusia.
    Itu saja pak,dari blog ini saya sendiri benar-benar mendapat ilmu baru yang belum saya ketahui
    Selamat pagi.terimakasih pak

  16. Yohana Ulath on said:

    pak. dari tulisan yang berjudul LA MAIN A LA PATE SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KERJA SAMA DENGAN INSTITUSI INTERNASIONAL, menurut saya sangat baik dan berkesan bagi kami mahasiswa apalagi pada 7 strategi untuk membangun kerjasama. jika ketujuh hal tersebut dapat dipergunakan oleh kami mahasiswa, maka kami akan melakukan semua hubungan kerjasama dengan baik dan kedepannya akan sangat menguntungkan bagi kita. terima kasih pak sudah mau membagi artikel ini bagi kami para mahasiswa.

  17. Yohana Ulath on said:

    pak, dari tulisan yang berjudul LA MAIN A LA PATE SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN INSTITUSI INTERNASIONAL menurut saya sangat baik dan berkesan bagi kami mahasiswa apalagi pada 7 strategi untuk membangun kerjasama. jika ketujuh hal tersebut dapat dipergunakan oleh kami mahasiswa, maka kami akan melakukan semua hubungan kerjasama dengan baik dan kedepannya akan sangat menguntungkan bagi kita. terima kasih pak sudah mau membagi artikel ini bagi kami para mahasiswa.

  18. Hendry F Pattiwael on said:

    Selamat siang Pak
    Pendapat saya, apa yang telah dicantumkan pada Blog ini yaitu :
    1. Sebagai paduan untuk genarasi baru indonesia. dalam hal ini mengenai pengetahuan yang didasari oleh rasa ingin tahu, dan harus diresapi, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menerapakan pandangan prancis demi menujang generasi segudang pengetahuan.
    3. 7 strategi hubungan kerjasama sangat penting membangun hubungan sosial antar masyarakat dalam negeri dan laur negeri, tetapi perlu menambahkan skema tujuan hubungan kerjasama untuk memperjelas maksud kerjasamanya.
    Demikian pendapat yang telah saya sampaikan Pak, mohon maaf apabila ada salah kata yang dicatumkan pada komentar saya, Terima kasih.

  19. RAGAIYAH SAMALEHU on said:

    selamat siang pak, menurut saya artikel ini sangat bagus untuk kita pelajari terutama untuk kita mahasiswa serta membantu kita masyarakat indonesia karena artikel ini sangat membantu kita dalam mempelajari strategi dalam membangun kerjasama yang baik dalam bidang nasional maupun internasional.terimakasih pak untuk ilmunya.

  20. RAGAIYAH SAMALEHU on said:

    Nama:Ragaiyah samalehu
    Nim:201781041
    prodi:Agribisnis
    selamat sore pak, menurut saya dari artikel ini sangat baik dan membangun khususnya untuk kita mahasiswa tetapi berhubungan dengan tugas yang bapak berikan kepada kita untuk mencari “HAL YANG SALAH “.jadi menurut saya sesuai dengan substansi dari blok ini adalah kiranya belum mampu menerapkan pendididikan yang sesungguhnya.contohnya itu seperti kita belajar atau mempelajari sejarah masi banyak yang menyimpang.

  21. Fitri Alimu on said:

    Selamat sore pak saya sangat sependapat dengan artikel yg bapak buat karena sangat berkesan dan kita menyadari bahwa suatu sistem budaya tradisional dan modern berjalan bersama dengan ilmu pengetahuan.yang di mana kita sabagai mahasiswa dituntun untuk meresapi apa yang ada di luar sana,agar mereka didorong untuk mengemukakan pandangan atau ide mereka, supaya bisa memberikan pendapat-pendapat mereka sendiri. jadi saya sanagat setuju dengan artikel di atas yang mana juga melakukan kerja sama dan saling mengaragai satu sma lain, terima kasih pak atas ilmunya
    Saya sendiri juga mendapat mengatahuan baru dari artiker di atas terima kasih pak. Selamat sore

  22. Fitri Alimu on said:

    Bekerja sama dan belajar untuk menghargai setiap pendapat orang lain

  23. hendry f pattiwael on said:

    Selamat Soere Pak
    Pendapat saya mengenai blog ini yaitu:
    1. Sebagai acuan untuk generasi muda, dalam hal ini membudayakan belajar mendalami ilmunya dan menjalankan dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Sebagai paduan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan meningkatkan 7 strategi yang telah dicatumkan.
    3. Berdasarkan 7 strategi yang ada sangat penting, namun perlu di dukung juga dengan skema tujuan kerjasama, agar dapat tervokus dengan maksud jalani hubungan kerjasama.
    Demikian pendapat saya, mohon maaf Pak apabila ada kata yang salah. Terima Kasih Pak, atas informasi blog in, karena hal ini sangat membantu kita selaku mahasiswa belajar dari yang belum tau menjadi tau.

  24. Hendry F Pattiwael on said:

    NAMA:HENDRY F PATTIWAEL
    NIM:201781004
    PRODI:AGRIBISNIS
    Selamat malam pak maff saya mengirim kembali komentar saya takutnya belum terkirim
    pendapat saya mengenai blog ini yaitu:
    1.Sebagai acuan untuk generasi muda,dalam hal ini membudayakan belajar mendalami ilmunya dan menjalankan dalam kehidupan sehari-hari.
    2.sebagai paduan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan meningkatkan 7 strategi yang telah dicantumkan.
    3.berdasarkan 7 strategi yang ada sangat penting,namun perlu di dukung juga dengan skema tujuan kerjasama,agar dapat terfokus dengan maksud jalani hubungan kerjasama.
    Demikian pendapat saya,mohon maff pak apabila ada kata yang salah.Terima kasih pak,atas informasi blog ini,karena hal ini sangat membantu kita selaku mahasiswa belajar dari yang belum tau menjadi tau.

  25. Jayanti Sitorus on said:

    Nama:Jayanti sitorus
    NIM:201781028
    Selamat malam pak, terimakasih atas tulisan yang telah bapak buat, dari tulisan bapak saya jadi lebih mengerti bagaimna kedepan nya membangun relasi, hubungan, ataupun kerja sama dengan pihak luar. Apalagi sebagai jurusan agribisnis, tentunya 7 point di atas sangat lah di pentingkan, sekali lagi terimakasih pak

  26. Paula takndare on said:

    Nama paula takndare
    Nim 2017-81-054
    Prodi agribisnis
    Selamat malam pak
    Sebelumnya sya berterimah kasih ke pada bapak karna artikel yg saya baca

  27. Paula takndare on said:

    Nama paula takndare
    Nim 2017-81-054
    Prodi agribisnis
    Selamat malam pak
    Menurut sya tentang artikel ini sangat menarik untuk di baca bagi para mahasiswa agribisnis
    Untuk melihat hal yang salah dalam artikel ini maka saya berpendapat dalam ilmu pegetahuan indonesia yang mana belum bisa menjadi pendidik secara formal seperti ilmu pegetahuan di prancis di mna mereka sda di ajarkan dri kecil sehingga rasa ingin tau mereka lebih cepat di bandingkan ilmu pegetahuan di indonesia.untuk itu manusia indonesia perlu adanya kerja sama antara negara prancis dn indonesia dengan melihat 7 strategi membagun kerja sama yang baik.
    Terimah kasih pak atas ilmu yang di berikan kepada kami
    Mohon maaf jika ada kata yg salah dalam komentar sya pak

  28. jance pelata on said:

    ayun la dua on october-4-2019 at:6:39:am
    nim 201781060
    selamat pagi pak setelah saya membaca tulisan pak ini menamabakan pengetahuan generasi generasi sekaran ini karna menjelaskan tidak perna menyera selalu belajar dan membuat orang kagum dgn semangat belajarnya mudah mudahan banyak generasi generasi mudah bisa mengambil pelajaran dari tulisan ini

  29. jance pelata on said:

    ayun LA dua on october-4-2019 on:7:2 maf pa saya kirim ulang takutnya tidak terkirim
    nim 201781060
    selamat pagi pak,setelah saya membaca tulisan pak ini
    menambakan pengetahuan generasi genarasi sekaran ini karna tulisan ini menjelaskan tidak perna menyera selalu belajar membuat orang kagum dgn semangat belajarnya mudah mudahan banyak generasi generasi muda sekaran ini bisa mengambilpelajaran dari tulisan ini

  30. Yulianaleleulya on said:

    Nim : 2017 81 010
    Prodi : Agribisnis
    Selamat siang pa , trmksh pak untuk artikel yg sangat menarik yang ditulis oleh bapak dan artikel ini sangat berguna bagi kami kususnya mahasiswa , yang dimana kita bisa melihat kembali bagaimana sebuah strategi untuk mengembangkan kerjasama dan membangun relasi untuk memajukan pengetahuan , dan pola yang bisa kita ambil untuk stategi pengembangan pola , dan cara berfikir kita yang harus lebih kreatif lagi untuk masa yang akan datang .

    • yuliana leleulya on said:

      Nim : 2017 81 010
      Prodi: Agribisnis
      Selamat malam pak , menurut saya kita sebagai manusia yang penuh aktivitas tentu ada banyak hal yang salah yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. hal yang salah yang sering kita lakukan seperti kebiasaan bermain Terlalu asyik bersosial media
      Manusia jaman now, sepertinya tidak ada yang tak kenal dengan sosial media. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk mengamati sosial media dan larut di dalamnya.Orang yang terlalu asyik bersosial media, membuat tubuhnya minim gerakan. Akibatnya selain terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu urusan orang lain dan dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaat media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya.

  31. Karen H Pirsouw on said:

    Nama : Karen H Pirsouw.
    Nim: 2017-81-017.
    Prodi :Agribisnis.
    Tugas :Ekologi Manusia.
    Tema Tugas: Hal Yang salah.
    Tanggal Comen :06-10-2019
    Selamat sore Pak. Dari apa yang saya baca dari artikel ini menurut saya
    La Main à la pâte perlu diterjemahkan atau di jelaskan lebih dalam karena titik keberhasilan ada dalam tangan kita dan bagaimana kita mengelola pengetahuan itu sendiri dan secara umum telah di jelaskan bahwa La Main à la pâte itu secara umum sebagai “TANGAN DALAM ADONAN” tetapi perlu penjelasan lebih untuk bagaimana mahasiswa mampu untuk memahami pengertian tersebut dan bisa menjadi motivasi atau pegangan mahasiswa untuk kedepannya.

    7 cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain berdasarkan pengelaman kami. Menurut saya pada poin ke-3 bukan hnya membuat kesan positif tetapi juga harus berdasarkan tindakan apa yang kita buat kesan hnya bersifat sementara tetapi tindakan akan bertahan dan tidak termakan waktu

    Terima kasih atas pengetahuan yang pak berikan, mohon maaf apabila ada salah kata dalam komentar saya.
    Terima kasih Pak.

  32. Karen H Pirsouw on said:

    Nama : Karen H Pirsouw.
    Nim: 2017-81-017.
    Prodi :Agribisnis.
    Tugas :Ekologi Manusia.
    Tema Tugas: Hal Yang salah.
    Tanggal Comen :06-10-2019
    Selamat sore Pak. Dari apa yang saya baca dari artikel ini menurut saya
    La Main à la pâte perlu diterjemahkan atau di jelaskan lebih dalam karena titik keberhasilan ada dalam tangan kita dan bagaimana kita mengelola pengetahuan itu sendiri dan secara umum telah di jelaskan bahwa La Main à la pâte itu secara umum sebagai “TANGAN DALAM ADONAN” tetapi perlu penjelasan lebih untuk bagaimana mahasiswa mampu untuk memahami pengertian tersebut dan bisa mnjadi motivasi atau pegangan mahasiswa kedepannya.

    7 cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain berdasarkan pengelaman kami. Menurut saya pada poin ke-3 bukan hnya membuat kesan positif tetapi juga harus berdasarkan tindakan apa yang kita buat kesan hnya bersifat sementara tetapi tindakan akan bertahan dan tidak termakan waktu

    Terima kasih atas pengetahuan yang pak berikan, mohon maaf apabila ada salah kata dalam komentar saya.
    Terima kasih Pak

  33. Yudea Doodoh on said:

    Selamat Pagi Pak,

    Tanggal Komentar : 7 Oktober 2019
    Nama : Yudea Doodoh
    NIM : 2017 81 005
    Program Studi : Agribisnis

    Hal yang salah

    Dari berbagai aspek yang tertulis diatas, saya tertarik mengenai menghargai pendapat dan kebiasaan untuk sesama manusia seperti yang tertulis diatas, hal salah dalam manusia adalah kemunafikan dari setiap manusia. Manusia tentu sering menjadi “juri kehidupan” bagi setiap manusia lainnya, seakan “manusia A” mengetahui setiap kehidupan “manusia B” dan mulai mencecar dengan segala tindakan dan tuduhan, menjadi “munafik” tentu pernah dilakukan oleh setiap manusia, dalam kemunafikan tersebut, manusia kadang lupa dengan lisannya, sampai akhirnya lisannya sendiri yang menjerumuskan manusia kepada titik kelam, −apa yang pernah dikatakan dan menjatuhkan orang lain pada akhirnya berbalik pada dirinya sendiri−

    Menurut saya, apa adanya seseorang dan ada apanya seseorang sangatlah berpengaruh, pada siapa kita berbicara, bertindak, berperilaku, tentu didasari dengan siapa kita berhadapan, situasi inilah yang kadang membuat apa adanya kita sebagai manusia menjadi ada apanya kita, agar dapat mensejajari lawan bicara.

    Manusia kadang gampang membaca dan mendengarkan tentang “mengasihi sesama” namun sulit dalam perbuatan nyata. Diperlukannya kesadaran diri dari setiap manusia untuk bisa melangkah maju tanpa adanya dendam, kecewa maupun amarah yang tentu dirasakan setiap hidup manusia. Saya harap, kita sebagai sesama manusia dapat mewujudkan kasih dengan saling menolong dan memahami, karena jika hanya saling menjatuhkan dan mendendam, hanya akan membuang sisa waktu hidup kita dengan sia-sia.

    Salam hangat,
    Manusia.

  34. Nathalia Avia Matuankotta on said:

    Selamat pagi pak, menurut pendapat saya mengenai artikel ini setelah saya membacanya bisa menambah pengetahuan juga sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa karena kita bisa melihat kehidupan bagi manusia dan dapat mengetahui tentang 7 strategi yang membangun kerja sama yang baik. Demikian pendapat saya, Terima kasih.

  35. Anisa Uyara on said:

    Anisa Uyara
    NIM. 201781056
    selamat siang pak
    menurut saya, hal yang salah adalah bagaimana aplikasi dari 7 cara diatas oleh sebagian besar orang terkhususnya mahasiswa yang cenderung tidak terstruktur dengan baik. banyak orang yang hanya hidup tanpa tujuan dan tanpa makna yang ingin dicapai, begitu pun dengan cara yang lainnya. karna tidak ada tujuan yang jelas, maka mereka hanya ikut ikutan trend atau era kini yang tidak memberikan pengaruh baik bagi masa depan mereka
    terimakasih

  36. Nur fitri utami on said:

    Nama: nur fitri utami
    NIM : 201781034
    Tgl : 07 oktober 2019
    Tema: hal yg salah
    Selamat sing Pak. Menurut saya hal yang salah adalah suatu sikap atau pola pikir manusia yang dianggap tidak benar atau bertolak belakang dengan hal yang sebenarnya. hal yang salah di anggap manusia sebagai salah satu alasan di bentuknya aturan. Contoh mnusia menganggap membunuh seseorng adalah hal yang salah maka dari itu diciptakannya aturan.
    Terimakasih.

  37. RISKY ALKADRI on said:

    Tanggal Komentar : 7 Oktober 2019
    Nama : Risky Alkadri
    NIM : 2017 81 048
    Program Studi : Agribisnis
    hal yang salah
    berfikir falacy dramatic of instan terhadap sesama manusia, dalam kehidupan manusia. dalam menyelesaikan masalah manusia tidak hanya butuh niat baik untuk membantu sesama tapi kita butuh ilmu pengatahuan.

  38. Mutiara Farha fathima on said:

    selamat siang pak
    tanggal komentar: 7 oktober 2019
    nama : mutiara farha fathima
    nim : 2017-81-037
    program studi: Agribisnis
    hal yang salah
    membuang sampah dan limbah ke laut bisa merusak ekosistem laut dan membahayakan alam hingga manusia jika mengkonsumsi ikan dari laut

  39. Miftahul jannah atnangar on said:

    Selamat siang pak
    Tanggal:7 oktober 2019
    Nama: Miftahul jannah atnangar
    Nim: 2017 81 011
    Prodi: Agribisnis
    Hal yang salah menurut saya adalah pemerintah meganggap pengungsi di ambon sebagai beban pemerintah.
    Terimakasih!

  40. Junelina F. Simanjuntak on said:

    Selamat sore Prof.
    saya Jubelina F. Simanjuntak dengan NIM.201681025
    Setelah saya membaca LA MAIN Á LA PÄTE SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN INSTITUSI INTERNASIONAL, dan sesuai dengan arahan untuk memberikan komentar mengenai hal yang salah dari tulisan ini maka adapun yang ingin saya sampaikan sebagai berikut :
    1. Perlu adanya penjelasan lebih rinci mengenai “La Main à la pâte” dalam bahasa indonesia agar lebih dapat dipahami oleh kami sebagai pembaca. Jika hanya sekilas dimaknai sebagai “Tangan Dalam Adonan” saya pikir akan melahirkan banyak persepsi yang ‘mungkin’tidak sesuai dengan makna sesungguhnya dari “La Main à la pâte” itu senidiri. Dan Mahasiswa mampu untuk mengaplikasikan “La Main à la pâte” sebagai strategi untuk membangun Kerja sama.
    2. Mengenai cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain berdasarkan pengalaman kami (Prof) pada point ke-5 tentang “Menghargai Pendapat dan Kebiasaan” prof sampaikan bahwa ‘ Sadarilah setiap orang atau organisasi mempunyai keunikan sendiri’ saya pikir dalam menjalin kerjasama sikap saling menghargai haruslah dijunjung tinggi. Namun, bagaimanjika kebiasaan dari pihak lain tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat atau merugikan salah satu pihak?
    saya rasa hal ini perlu dijelaskan lebih mendalam.

    Demikian pendapat saya,Prof.
    HORMATE!

  41. Nama: IHSAN on said:

    NAMA:IHSAN
    NIM.: 2017-81-007

    SELAMAT SORE PAK.,
    Menurut pendapat saya tentang Artikel ini,Dalam membangun suatu Strategi Kerjasama baik Nasional maupun Internasional awalnya haruslah membentuk Managemen agar dapat berjalan dengan baik.Seperti dalam 7 poin yg diatas merupakan suatu pendorong untuk membangun kerjasama.Namun dengan itu harus di Lakukan sistem Perencanan,Pengorganisasian,Mengontrol/mengawasi dan terakhir Dievalusi Agar dalam membangun usaha atau Strategi kerjasama dapat berjalan sesuai dgn apa yg kita tuju.

  42. Karen H Pirsouw on said:

    Nama: Karen H Pirsouw
    NIM: 2017-81-017
    Prodi: Agribisnis
    Tgl : Senin, 07 Oktober 2019
    Selamat sore Pak.
    Menurut saya hal yang salah itu adalah tindakan yang sengaja dibuat Karena kita sudah tahu bahwa hal itu salah tapi kita mau melakukanya.
    Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah.
    1.Mengkonsumsi Minuman keras yang berlebihan
    2.mengeluarkan kata yang tak pantas di ucap.
    3.Kumpul Kebo.
    4.Bermain Game yang berlebihan/berkepanjangan.
    5.Mengambil barang orang lain
    6.Bolos jam belajar ,
    7.Mahasiswa tidak fokus dalam mengikuti perkuliahan (bermain Hp)
    dan masih banyak lagi

    Terima kasih Pak.

  43. Alif Faisal on said:

    Selamat sore pak. Menurut pemikiran saya ,yang salah ada dimana pola pikir yang menganggap budaya adalah sebuah cerita belaka, dimana teknologi sudah merubah segala pemikiran anak zaman sekarang terhadap budaya yang ada di setiap daerah.

  44. Mohammad Zaky Arif Madja on said:

    Selamat malam pak
    Nama : Mohammad Zaky Arif Madja
    NIM : 2017-81-052
    Prodi : Agribisnis
    Hal yang salah.
    Menurut saya hal yang salah dalam pola pikir kebanyakan manusia adalah “keadilan sama dengan kesetaraan”. Banyak dari kita menganggap kesetaraan adalah bagian utama dari bentuk keadilan. Padahal kesetaraan juga bisa menjadi sumber ketidakadilan. Dalam mindset sederhana saya. Keadilan adalah “menempatkan sesuatu pada tempatnya” atau bisa juga “memberikan hak kepada yang berhak”.
    Beberapa waktu ini kita sering dihadapkan dengan berbagai macam bentuk ketidakadilan. Salah satunya adalah rasisme yang dilakukan kepada masyarakat Papua. Rasisme jelas merupakan bentuk ketidakadilan. Dalam kasus ini ketika kita ingin memberikan keadilan kepada masyarakat papua. Maka yang diberikan adalah keadilan bukan dalam bentuk kesetaraan, tetapi lebih condong ke konsep memberikan “hak kepada yang berhak” artinya, kita tidak meminta mereka disetarakan sama dengan kita. Tapi kita meminta agar mereka diberikan hak yang sesuai dengan yang dijanjikan oleh UUD 1945.

  45. Aghoardi on said:

    Nama : Aghoardi
    Nim : 201781025

    . Berfikir salah
    - Hingga kini tidak ada yg membuktikan Tidak ada elien di luar angkasa karena itu saya percaya elien itu ada.

    - Ayun sering mendengar orang mengobrol dari rumah di unjung jalan pada hal rumah tersebut suda lana tidak ada penguninya jadi ayun percaya bahwa rumah tersebut berhantu. Menurut ayun hanya ada dua kemungkinan yaitu
    1.yg mengobrol adalah penghuninya
    2. Jika rumah itu kosong pastilah yg mengobrol hantu
    Pada hal ada kemungkinan lain. karena kosong rumah rumah sering digunakan anak-anak untuk bermain…

  46. Aprilya Shakana on said:

    Nama : Aprilya Shakana
    Nim : 2017-81-012
    Prodi : agribisnis
    Tanggal : 07 Oktober 2019
    Tema : tentang hal yang salah
    Selamat malam pak.
    Menurut saya hal yang salah ialah sesuatu yang mereka tau benar-benar salah tetapi masih saja melakukannya. Contohnya seperti membunuh orang atau mencuri. Terkadang membunuh juga bisa jadi untuk membela diri sendiri atau membela orang lain. Tetapi dengan cara membunuh itulah yang hal salah.
    Terimakasih

  47. Felisya Wehfany on said:

    Nama: Felisya Wehfany
    Nim :2017-81-044
    Prodi : Agribisnis
    Tanggal komen: Senin 07 Oktober 2019
    Selamat malam pak.
    Menurut saya hal yang salah adalah laki-laki dan perempuan sebenarnya setara namun banyak laki-laki yang mengangap perempuan lemah namun jika di lihat dari fisik bisa di bilang sama karena perempuan bisa mengerjakan pekrjaan laki laki begitu pun sebaliknya.

  48. windry waremra on said:

    Nim : 2017-81-023
    Prodi : Agribisnis
    Selamat malam pak, saya sangat setuju dengan 7 strategi di atas, jika di terapkan dengan baik dan benar maka kerjasama dengan pihak lain akan berhasil. Dan artikel ini sangat berguna bagi kami mahasiswa untuk mengembangkan kerjasama,pengetahuan dan cara berfikir kami mahasiswa/i kedepannya lagi.
    Saya sendiri juga termotivasi untuk melakukan cara kerjasama yang terlah bapak paparkan dalam artikel di atas.
    Terimakasih pak atas artikel yang sangat berguna ini,selamat malam.

  49. Felisya Wehfany on said:

    Nama: Felisya Wehfany
    Nim :2017-81-044
    Prodi : Agribisnis
    Tgl komen: Senin 07 Oktober 2019
    Selamat malam pak.
    Menurut saya hal yang salah adalah laki-laki dan perempuan sebenarnya setara namun banyak laki-laki yang mengangap perempuan lemah namun jika di lihat dari fisik bisa di bilang sama karena perempuan bisa mengerjakan pekrjaan laki laki begitu pun sebaliknya.

  50. Wa Ode Nurmala on said:

    Nama : Wa Ode Nurmala
    NIM : 2017 81 022
    Tgl : 5 Oktober 2019
    Tema : Berpikir tentang Hal yang Salah
    Menurut saya, hal yang salah merupakan sesuatu yang dapat dianggap benar oleh beberapa orang. Misalnya beberapa orang lebih memprioritaskan gadget daripada bersosialisasi dengan orang lain. Namun hal tersebut dibenarkan oleh beberapa orang karena mereka menganggap dengan menggunakan gadget mereka dapat berkomunikasi dengan orang yang ada dimanapun dan dapat mengetahui peristiwa apa yang terjadi dengan lebih cepat tanpa mengetahui kebenarannya. Namun pada kenyataannya orang yang ada di sekitarnya tidak dapat bersosialisasi dengan baik dengannya. Dan ada sebagian orang juga mencoba untuk tidak peduli dengan lingkungan dan lebih mempercayai berita hoax (berita bohong).
    Sekian, terimakasih pak !

  51. Wa Ode Nurmala on said:

    Nama : Wa Ode Nurmala
    NIM : 2017 81 022
    Tgl : 7 Oktober 2019
    Tema : Berpikir tentang Hal yang Salah
    Menurut saya, hal yang salah merupakan sesuatu yang dapat dianggap benar oleh beberapa orang. Misalnya beberapa orang lebih memprioritaskan gadget daripada bersosialisasi dengan orang lain. Namun hal tersebut dibenarkan oleh beberapa orang karena mereka menganggap dengan menggunakan gadget mereka dapat berkomunikasi dengan orang yang ada dimanapun dan dapat mengetahui peristiwa apa yang terjadi dengan lebih cepat tanpa mengetahui kebenarannya. Namun pada kenyataannya orang yang ada di sekitarnya tidak dapat bersosialisasi dengan baik dengannya. Dan ada sebagian orang juga mencoba untuk tidak peduli dengan lingkungan dan lebih mempercayai berita hoax (berita bohong).
    Sekian, terimakasih pak !

  52. Yuliana Leleulya on said:

    Nim : 2017 81 010
    Prodi: Agribisnis
    Selamat malam pak , menurut saya kita sebagai manusia yang penuh aktivitas tentu ada banyak hal yang salah yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. hal yang salah yang sering kita lakukan seperti kebiasaan bermain Terlalu asyik bersosial media
    Manusia jaman now, sepertinya tidak ada yang tak kenal dengan sosial media. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk mengamati sosial media dan larut di dalamnya.Orang yang terlalu asyik bersosial media, membuat tubuhnya minim gerakan. Akibatnya selain terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu urusan orang lain dan dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaat media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya.

  53. Lilin Evika on said:

    Nama : Lilin EVika
    Nim : 201781033
    Tanggal: 07 September 2019
    Tema: Hal yang salah
    Selamat malam pak,Menurut saya hal yang salah ituketika masyarakat menebang pohon di hutan secara liar dan tidak memikirkan efek dari penebangan liar itu yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkangan dan bisa mengakibatkan dampak yang negatif bagi masyarakat yang lain, oleh sebab itu manusia mengangap hal yang negatif adalah kesalah yang tidak seharusnya dilakukan karena dapat membahayakan lingkungan sekitar. Terimakasih pak

  54. Kinar vanessa lirian cika on said:

    Kinar vanessa lirian cika
    2017-81-032
    7 Oktober 2019
    Tema : berpikir hal yang salah

    Menurut saya hal yang salah itu seperti rasis. Rasis adalah sebutan orang yang menganut paham Rasisme atau reasialisme. Pemahaman rasisme adalah suatu perbedaan sikap atau perlakuan terhadap kelompok masyarakat tertentu dan menganggap bahwa rasnya lebih memimpin sehingga memiliki hak untuk mengatur ras lain.

  55. Clara W T Rantetana on said:

    Nama : Clara W T Rantetana , Nim : 2017 81 015
    Prodi: Agribisnis
    Tema: Hal yg Salah
    Slmt Malam pak, kalau menurut saya hal yg salah itu seringkali disepelekan. Contoh paling banyak terjadi org tua yg membelikan motor kepada anak-anak yg belum cukup umur yg sudah pandai mengendarai motor tapi belum memiliki SIM akibatnya pd saat razia dr Polantas mereka kena tilang. Ada juga yg sering tidak menggunakan helm pd saat berkendara dan msh banyak lg hal yg salah tetapi terus menerus disepelekan oleh manusia. Sekian pendapat dari saya pak. Terima kasih sudah membaca dan Selamat Malam ????????

  56. Yuliana leleulya on said:

    Nim : 2017 81 010
    Prodi: Agribisnis
    Selamat malam pak , menurut saya kita sebagai manusia yang penuh aktivitas tentu ada banyak hal yang salah yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. hal yang salah yang sering kita lakukan seperti kebiasaan bermain Terlalu asyik bersosial media Manusia jaman now, sepertinya tidak ada yang tak kenal dengan sosial media. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk mengamati sosial media dan larut di dalamnya.Orang yang terlalu asyik bersosial media, membuat tubuhnya minim gerakan. Akibatnya selain terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu urusan orang lain dan dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaat media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya.

  57. Yuliana Leleulya on said:

    Yuliana leleulya
    2017-81-010
    Selamat malam pak , menurut saya hal yang salah adalah kebiasan bermain terlalu asik bersosial media . jaman sekarang ini, sepertinya tidak ada yang tak mengenal media sosial dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media . banyak yang menghabiska waktunya untuk mengamati sosial media dan larut di dalamnya . orang yang terlalu asyik bersosial media , membuat tubuhnya minim gerakan . akibatnya selain terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala dan nyeri otot. selain itu, juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu urusan orang lain dan dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaatkan media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya

  58. Mohammad Zaky Arif Madja on said:

    Selamat malam pak
    Nama : Mohammad Zaky Arif Madja
    NIM : 2017-81-052
    Prodi : Agribisnis
    Hal yang salah
    Menurut saya hal yang salah dalam pola pikir kebanyakan manusia adalah “keadilan sama dengan kesetaraan”. Banyak dari kita menganggap kesetaraan adalah bagian utama dari bentuk keadilan. Padahal kesetaraan juga bisa menjadi sumber ketidakadilan. Dalam mindset sederhana saya. Keadilan adalah “menempatkan sesuatu pada tempatnya” atau bisa juga “memberikan hak kepada yang berhak”.
    Beberapa waktu ini kita sering dihadapkan dengan berbagai macam bentuk ketidakadilan. Salah satunya adalah rasisme yang dilakukan kepada masyarakat Papua. Rasisme jelas merupakan bentuk ketidakadilan. Dalam kasus ini ketika kita ingin memberikan keadilan kepada masyarakat papua. Maka yang diberikan adalah keadilan bukan dalam bentuk kesetaraan, tetapi lebih condong ke konsep memberikan “hak kepada yang berhak” artinya, kita tidak meminta mereka disetarakan sama dengan kita. Tapi kita meminta agar mereka diberikan hak yang sesuai dengan yang dijanjikan oleh UUD 1945.

  59. Yuliana Leleulya on said:

    Yuliana leleulya
    2017-81-010
    Selamat malam pak , menurut saya hal yang salah adalah kebiasan bermain terlalu asik bersosial media . jaman sekarang ini, sepertinya tidak ada yang tak mengenal media sosial dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media .dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaatkan media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya

  60. Siti Hajra Sarfan on said:

    Nama:Siti hajra Sarfan
    Nim:2017-81-036
    Tanggal komental:07 Oktober 2019
    Tema: hal yang salah
    Selamat malam pak, menurut saya hal yang salah itu adalah sesuatu hal yang kita pikir salah tapi menurut orang itu benar, sehingga menyebabkan pemikiran yang berbeda-beda.
    Contohnya seperti curhat/cerita hal pribadi di medsos (media sosial), seperti menceritakan kejelekan/aib teman dll. Menurut saya itu tidak perlu di ceritakan di medsos karena itu adalah hal pribadi yang harusnya disimpan sendiri tidak perlu di sebarluaskan ke medsos.
    Terimakasih kasih pak

  61. Onaleleulya on said:

    Yuliana leleulya
    2017 81 010

    Selamat malam pak , menurut saya kita sebagai manusia yang penuh aktivitas tentu ada banyak hal yang salah yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. hal yang salah yang sering kita lakukan seperti kebiasaan bermain Terlalu asyik bersosial media
    Manusia jaman now, sepertinya tidak ada yang tak kenal dengan sosial media. Dari anak-anak, remaja, dewasa bahkan kakek nenek juga punya sosial media. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk mengamati sosial media dan larut di dalamnya.Orang yang terlalu asyik bersosial media, membuat tubuhnya minim gerakan. Akibatnya selain terancam obesitas, juga dapat menimbulkan masalah lain seperti sakit kepala dan nyeri otot. Selain itu, juga dapat menimbulkan rasa iri terhadap orang lain, selalu ingin tahu urusan orang lain dan dengan kesalahan yang tanpa sengaja kita buat seperti itu kita tidak memanfaat media sosial untuk hal yang lebih berguna kedepannya.

  62. Siti Hajra Sarfan on said:

    Nama:Siti hajra Sarfan
    Nim:2017-81-036
    Tanggal komental:07 Oktober 2019
    Tema: hal yang salah
    Selamat malam pak, menurut saya hal yang salah itu adalah sesuatu hal yang kita pikir salah tapi menurut orang itu benar, sehingga menyebabkan pemikiran yang berbeda-beda.
    Contohnya seperti curhat/cerita hal pribadi di medsos (media sosial), seperti menceritakan kejelekan/aib teman dll. Menurut saya itu tidak perlu di ceritakan di medsos karena itu adalah hal pribadi yang harusnya disimpan sendiri tidak perlu di sebarluaskan ke medsos.
    Terimakasih kasih pak

  63. Akbar Ramadani on said:

    Mama :Akbar Ramadani
    nim: 2017-81-026
    Tanggal Komen: 07 oktober 2019
    Prodi: Agribisnis
    Selamat malam pak
    Menurut saya ada beberapa hal yang sala, terutama dalam sifat atau karakteristik manusia yang menjadikan hal yang salah sebagai kebiasaan contoh nya , dalam menjaga lingkungan hidup ,masi banyak orang yang masih membuang sampah sembarangan , padahal itu hal yang sala , tetapi itu suda menjadi kebiasaan sesungguhnya kita suda tau apa dampak dari hal tersebut , tetapi masi saja orang-orang melakukan hal tersebut dan akhirnya menjadi kebiasaan , kita tau bahwa menjaga lingkungan hidup itu sangat penting ,tetapi masi banyak orang yang merusak lingkungan hidup

  64. Eunike Soplanit on said:

    Nama : Eunike Soplanit
    NIM : 2017 81 002
    Prodi : Agribisnis
    Tgl : 7 Oktober 2019
    Tema: ” Berfikir tentang Hal yang salah ”
    Selamat malam pak, menurut pendapat saya mengenai artikel diatas, berbicara tentang sebuah hal yang salah berarti melakukan sesuatu yang salah namun selalu dianggap benar oleh seseorang yang tidak ingin dianggap salah oleh orang lain maupun kelompok.
    Jika dikaitkan dengan artikel diatas, maka hal yang perlu diperhatikan adalah pola hidup yang baik serta pengetahuan yang diajarkan dengan cara yang berbeda (yang berbaur positif) yang dapat menarik perhatian masyarakat mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai kepada Perguruan tinggi, mengapa ? Agar Indonesia dapat menjalin kerja sama yang baik sebagaimana yang ditulis dalam artikel diatas. Hal yang penting juga adalah merubah pola fikir masyarakat Indonesia agar lebih giat dalam mencari Ilmu Pengetahuan guna untuk kemakmuran bangsa. Kebiasaan kebiasaan yang baik yang dimulai sejak dini serta Ilmu Pengetahuan yang baik dan benar yang diajarkan, akan berpengaruh baik kedepannya demi meningkatkan masyarakat Indonesia yang makmur.
    Terima kasih ????

  65. Suci Ramdhaniar on said:

    Selamat Sore Pak
    Nama: Suci Ramdhaniar
    NIM: 201781006
    Prodi: Agribisnis
    Tanggal Komentar: 7 Oktober 2019
    Hal yang salah
    Saya setuju dengan apa yang bapak paparkan dalam artikel ini bahwa dimana orang perancis lebih mementingkan observasi dan belajar dari kenapa dan bagaimana, berbeda dengan orang Indonesia yang cenderung mengarah kepada hasil yang sudah ada dan malas untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa sampai terjadi. Mereka lebih memilih sesuatu yang instan, sehingga sulit bagi mereka menelaah lebih jauh sebuah karya atau hasil yang sudah ada karena sudah terbiasa dengan kegiatan yang serba praktis dan masa bodoh.
    Hal-hal yang seperti bapak tampilkan harus lebih banyak lagi di tontonkan kepada orang Indonesia, terlebih tentang pembedaan dua aspek. Pada dasarnya orang Indonesia kurang suka dibeda-bedakan. Dengan begitu mereka akan berupaya untuk berubah demi menyamakan statusnya.
    Semoga artikel bapak selalu bermanfaat.
    Terimakasih Pak

  66. Mona o.j joseph on said:

    Nama :Mona o.j joseph
    Nim :2017 55 004
    Prodi :penyuluhan pertanian
    Tanggal :7 oktober 2019
    Slamat malam pa.
    Menurut saya hal yang salah adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan oleh Agama dan juga Hukum misalnya : pencurian, pembohong, pemerkosaan, pelecehan seksual, berjudi, membunuh dan masih banyak lagi .
    Terimah kasih pa

  67. Suci Ramdhaniar on said:

    Selamat Malam Pak
    Nama : Suci Ramdhaniar
    NIM : 201781006
    Prodi : Agribisnis
    Tanggal Komentar : 7 Oktober 2019
    Hal yang salah

    Saya setuju dengan apa yang bapak paparkan dalam artikel ini bahwa dimana orang perancis lebih mementingkan observasi dan belajar dari kenapa dan bagaimana, berbeda dengan orang Indonesia yang cenderung mengarah kepada hasil yang sudah ada dan malas untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan mengapa sampai terjadi. Mereka lebih memilih sesuatu yang instan, sehingga sulit bagi mereka menelaah lebih jauh sebuah karya atau hasil yang sudah ada karena sudah terbiasa dengan kegiatan yang serba praktis dan masa bodoh.
    Hal-hal yang seperti bapak tampilkan harus lebih banyak lagi di tontonkan kepada orang Indonesia, terlebih tentang pembedaan dua aspek. Pada dasarnya orang Indonesia kurang suka dibeda-bedakan. Dengan begitu mereka akan berupaya untuk berubah demi menyamakan statusnya.
    Semoga artikel bapak selalu bermanfaat.
    Terimakasih Pak

  68. Siti hajra sarfan on said:

    Nama:Siti hajra Sarfan
    Nim:2017-81-036
    Tanggal komental:07 Oktober 2019
    Tema: hal yang salah
    Selamat malam pak
    Menurut saya hal yang salah itu adalah sesuatu hal yang kita pikir salah tapi menurut orang itu benar,sehingga menyebabkan pemikiran yang berbeda-beda.
    Contohnya seperti curhat/cerita hal pribadi di medsos (media sosial), kaya menceritakan kejelekan/aib teman dll,menurut saya itu tdk perlu di ceritakan di medsos karena itu adalah hal pribadi yg harusnya disimpan sendiri tdk perlu disebar luaskan ke medsos.
    Terimakasih kasih pak

  69. Jayanti sitorus on said:

    Nama : Jayanti Sitorus
    NIM : 201781028
    Prodi : Agribisnis
    Tanggal komen : Senin, 7 oktober 2019
    Selamat sore pak…
    Hal yang salah dalam kehidupan sehari hari yang kita lakukan yaitu,
    1.sering kali kita tidak menghargai atau tidak menghormati pendapat politik yang berbeda sehingga terjadi keributan di sana sini
    2.Menyela pembicaraan orang lain
    3. Kesalahan ini juga sering terjadi yaitu mengjritik di depan umum, seharus nya sebagai manusia yang punya hati kita harus memuji di depat umum, dan mengkritik secara pribadi, sehingga tidak ada rasa sakit hati.
    4.ketika seseorang berbicara kepada kita sering kali kita sambil bermain hanphone, ini sangat lah tidak sopan.
    Itu beberapa kesalahan dalam kehidupan sehari hari.
    Terimakasih

  70. Fitriani Suyono on said:

    Nama : Fitriani Suyono
    Nim : 201781029
    Tgl : 7 Oktober 2019
    Tema Pada hal yang salah
    Menurut saya hal yang salah adalah dimana akal budi adalah alat yang dipakai untuk melihat mana yang benar dan mana yang salah, hal yang salah manusia adalah mahkluk yang sempurna karena memiliki akal yang digunakan untuk hal-hal negatif yang tidak mencerminkan manusia sebagai mahkluk sempurna atau sosial. Jadi ketika akal berfungsi untuk membedakan mana yang salah dan mana yang benar kemampuan akal sangat tergantung luas pengalaman dan tingkat pendidikan, formal maupun informal dari manusia pemiliknya, maka akal juga mempunyai konotasi negatif sebagai alat untuk melakukan tipu daya, muslihat, kecerdikan dan kelicikan.
    Sekian, Terima Kasi Pak.

  71. Mariana setitit on said:

    Nama: Mariana setitit
    Nim: 2017-81-044
    prodi: Agribisnis
    Tanggal komen: 07 Oktober 2019
    hal yang salah ..iyalah ..
    dimna seseorang melanggar peraturan UUD
    menyalah gunakan fasilitas kantor
    membuang sampah sembaranga

  72. Lilin Evika on said:

    Nama : Lilin EVika
    Nim : 201781033
    Tanggal: 07 September 2019
    Tema: Hal yang salah
    Selamat sore pak,Menurut saya hal yang salah ituketika masyarakat menebang pohon di hutan secara liar dan tidak memikirkan efek dari penebangan liar itu yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkangan dan bisa mengakibatkan dampak yang negatif bagi masyarakat yang lain, oleh sebab itu manusia mengangap hal yang negatif adalah kesalah yang tidak seharusnya dilakukan karena dapat membahayakan lingkungan sekitar.Terimakasih pak

  73. Windry waremra on said:

    Nama : Windry Waremra
    Nim : 2017-81-023
    Prodi : Agribisnis
    Tema : “Berfikir tentang hal yang salah”
    07 Oktober 2019
    Selamat malam pak, menurut saya Hal yg salah menunjuk pada kekeliruan atau sesuatu yg tidak tepat, Kontesnya pada seseorang yang melakukan kesalahan dan mengambil keputusan yg salah.
    Selamat malam pa, Trimakasih.

  74. Windry waremra on said:

    Nama : Windry Waremra
    Nim : 2017-81-023
    Prodi : Agribisnis
    Tema : “Berfikir tentang hal yang salah”
    07 Oktober 2019
    Selamat malam pak, menurut saya Hal yg salah menunjuk pada kekeliruan atau sesuatu yg tidak tepat, Kontesnya pada seseorang yang melakukan kesalahan dan mengambil keputusan yg salah.
    Contohnya : lebih banyak menghabiskan waktu dengan menonton dan main game,
    padahal ada banyak aktivitas positif yg dapat dilakukan.
    Selamat malam pa, terimakasih.

  75. Nathalia Avia Matuankotta on said:

    Nama:Nathalia Avia Matuankotta
    Nim:201781027
    Prodi:Agribisnis
    Hal yang salah
    Perdebatan pendapat dapat dikatakan menjadi suatu kebutuhan bagi manusia prancis. dalam strategi kerja sama mengenai hargai pendapat dan kebiasaan suatu hal yang salah jangan pernah membandingkan dengan orang lain atau organisasi lain yang kita anggap lebih baik
    Terima kasih

  76. Marlina Kroons on said:

    Nama : Marlina Kroons
    Nim : 201781003
    Menurut saya hal yang salah dalam kehidupan sehari-hari minsalnya :
    1. Tidak memberi salam kepada orang ketika di jalan atau di mana sja kita berada, baik itu orang yang lebih tua atau seumuran dengan kita, atau bahkan yang lebih muda dari kita.
    2. Sebagai anak muda negara tidak ikut serta dalam pesta demokrasi.
    3. Interaksi antar sesama kurang baik.
    4. Harus banyak belajar dri orang Perancis yang selalu mengutamakan pengetahuan atau ilmu yang hendak mereka cari.

  77. Geraldo Edward Ruhukail on said:

    Nama : Geraldo Edward Ruhukail
    Nim : 201781016
    Prodi : Agribisnis
    Tema : Berpikir hal yang salah
    Sering kali kita berpikir bahwa hanya ada dua hal yang menjadi kubu, hitam dan putih.Salah dan benar. Sehingga membuat pemikiran yang sangat ekstrem kepada pihak lain. Orang yang baik akan selalu baik sementara orang yang jahat akan selalu jahat. Cara berpikir ini salah karena tidak bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan hanya melihat bagian yang terbesarnya.

  78. Miftahul jannah atnangar on said:

    Selamat siang pak
    Tanggal:8 oktober 2019
    Nama: Miftahul jannah atnangar
    Nim: 2017 81 011
    Prodi: Agribisnis
    Hal yang salah menurut saya adalah pemerintah meganggap pengungsi di ambon sebagai beban pemerintah,padahal memang sudah tugas pemerintah untuk menjamin kenyamanan masyarakat dan membantu masyarakat yang sedang dalam kesusahan.
    Terimakasih!

    Reply ↓

    • Miftahul jannah atnangar on said:

      Tanggal:8 oktober 2019
      Nama: Miftahul jannah atnangar
      Nim: 2017 81 011
      Prodi: Agribisnis
      Hal yang salah menurut saya adalah pemerintah meganggap pengungsi di ambon sebagai beban pemerintah,padahal memang sudah tugas pemerintah untuk menjamin kenyamanan masyarakat dan membantu masyarakat yang sedang dalam kesusahan.
      Terimakasih!

  79. Fransiskus R Reliubun on said:

    Nama : Fransiskus R Reliubun
    NIM: 201781070
    Prodi: Agribisnis
    Tema : Berpikir hal yang salah

    Pendapat saya tentang hal yang salah yaitu kita sering berpikir bahwa ketika kita membantu orang dan kita memamerkannya adalah hal yang benar padahal sebenarnya itu adalah hal yang salah

  80. Mutiara Farha Fathima on said:

    Nama: mutiara farha fathima
    Nim : 2017-81-037
    Program studi : agribisnis
    Tanggal komentar : 8 oktober 2019
    Hal yang salah
    Melakukan pembuangan limbah dan sampah pada laut bisa merusak ekosistem laut sehingga berdampak pada lingkungan hidup baik manusia, tumbuhan maupun ikan yang hidup di perairan laut

  81. RAGAIYAH SAMALEHU on said:

    NAMA:RAGAIYAH SAMALEHU
    NIM:201781041
    PRODI:AGRIBISNIS
    TEMA:HAL YANG SALAH
    SELASA,8 OKTOBER 2019
    Menurut saya salah satu pola pikir manusia yang salah atau sangat bertolak belakang dengan kehidupannya adalah dia menganggap bahwa apa yang dikerjakan itu adalah salah tetapi pada kenyataannya itu benar contohnya seperti problematika yang sering di alaminya membuat dia selalu menunda-nunda pekerjaannya dengan hal-hal yang tidak bemanfaat untuk dia seperti menonton atau menjelajahi media sosial berjam-jam padahal sebernarnya waktu itu bisa di jadikan untuk menyelesaikan problemtikan nya.

  82. Nama: IHSAN on said:

    NAMA : IHSAN
    NIM. : 201781007
    TGL KIRIM : 8 Oktober 2019

    Menurut saya Tentang hal yg salah itu yaitu apabila sesuatu itu dianggap Tidak penting atau tidak termasuk dalam pemikiran individu seseorang ataupun kelompok yg dimana semua itu datangnya dari luar nalar seseorang dan semua itu bisa dinilai dari segi perilaku,Kebiasaan,dan Tingkah lakunya.

  83. Paula takndare on said:

    Nama: paula Takndare
    Nim :2017-81-054
    Prodi: Agribisnis
    Tnggl:9-10-2019
    Tema:Hal yang salah
    Menurut saya hal yang salah adalah sesuatu yang benar-benar salah tetapi masih saja melakukannya
    Contonya seperti:
    1.membunuh
    2.membuang sampah sembarangan
    3.mengunakan media sosial dalam hal negarif
    4.konsumsi narkoba
    5.pemerkosaan dan lain-lain

  84. Siti marwah pelu on said:

    Nama : Siti Marwah Pelu
    Nim : 20178106
    Tanggal komentar : 8 Oktober 2019
    Hal yang salah yang sering terjadi didalam masyarakat yaitu menggunakan sosial media dengan tidak sesuai. Contohnya ada perkelahian atau kecelakaan yang terjadi, mereka malah sibuk mengambil gambar/video agar mendapat like dan coment yang banyak, dibanding menolong lebih dahulu. Ada juga yang melihat sesuatu yang menurut pikirannya itu buruk maka ia langsung menyebar luaskan tanpa dia tau alasan dari apa yang dia lihat tanpa bertanya. kemudian orang lain akan merepost postingan tersebut dan akhirnya timbullah hoax yang beredar.

  85. Romanus Duganata on said:

    Nama : Romanus Duganata
    Nim : 2017-55-013
    Tanggal komentar 09-10-2019

    Menurut saya hal yang salah adalah perbuatan yang di sadari dan di nilai kurang baik contohnya seperti : seorang mahasiswa yang sudah membayar uang semester tetapi mahasiswa tersebut tidak mengikuti kelia bukan hanya satu semester tetapi dua sampai tiga semester, dan mahasiswa tersebut menganggap hal itu sebagai hal biasa akan tetapi di nilai oleh orang lai itu merupakan perbuatan yang salah sehingga dapat merugikan orang tua dan masa depan dari mahasiswa tersebut

  86. Anisa Uyara on said:

    Anisa Uyara
    NIM.201781056
    “Berpikir tentang hal yang salah”
    menurut saya, hal yang salah dari kita manusia adalah berpikir bahwa kita adalah ciptaan Tuhan yang sempurna karena diberi nikmat akal oleh-Nya. banyak dari kita yang mengganggap bahwa kita adalah makhluk superior sehingga kita terlalu berlaku semena semena kepada alam atau pun makhluk lain. manusia dengan manusia lain saja tidak saling menghargai apalagi manusia dan makhluk lain. sehingga tidak heran jika kita melihat banyak bencana alam seperti sekarang ini. bahkan bukan saja bencana alam yang melanda akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab seperti buang sampah yang tidak pada tempatnya, fenomena sosial seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme juga hal sangat berdampak buruk bagi hidup dan kehidupan kita. jadi hal yang salah adalah kita sendiri sebagai manusia yang cenderung salah dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan kita.

  87. Fitri Alimu on said:

    ‘Berfikir tentang hal yang salah’ Menurut saya ialah cara pandang seseorang tentang sesuatu yg sifatnya objektuf dan belum pasti kebenaranya secara ilmiah karna hal tersebut merupakan salah satu ciri cara pandang yang sesat sehingga membuat cara berfikir tersebut menjadi sesat dan membenarkan cara pandang yang ia miliki dan menyalakan cara pandang yang lain sehingga seakan akan Dialah yang benar diatas kepentingan. Contoh :setiap indivu memiliki persepsi akan suatu hal yang berbeda beda sehingga seharusnya kita sebagai manusia berintelektual dan berakademisi sebagai seoarang manusia yang memilki akal haruslah memepertimbangkan masalah dengan baik.
    Nama : fitri alimu
    Nim : 201781009
    Tanggal: 09 oktober 2019

    • Nama:Sabda Z D Tawainella
      Nim:2017-81-067
      Prodi:Agribisnis
      Tema:hal yang salah
      “Menurut saya hal yang salah,ketika kita tidak membaca dan mempelajari materi yang kita dapat secara formal dalam sekolah hingga skarng perguruan tinggi maupun informal dari pengalaman kita juag lainnya.karena jika begitu sikap dan tindakan tersebut akan menjadi refleksi diri dalam situasi,waktu,nuansa yang akan dilewati.
      Sekian pak,terima kasih

  88. Lamarce Lewansorna on said:

    Nama : Lamarce Lewansorna
    Nim : 2017-81-065
    Prodi: Agribisnis
    Tanggal 14 Oktober 2019

    Selamat malam pak terkait dengan artikel mengenai “strategi membangun kerjasama dengan institusi internasional” ini saya dapat memahami bahwa sebagai manusia kita bukanlah manusia individual yang bisa hidup sendiri,kita membutuhkan orang lain untuk bisa berinteraksi maupun saling ketergantungan satu sama lain demikian pula dalam membangun kerjasama dengan orang lain bahkan sampai kerjasama dengan institusi internasional bukanlah hal yang mudah.
    Dari artikel yang bapak tulis terkait dengan “strategi membangun kerjasama dengan institusi internasional” dapat menambah wawasan atau pengetahuan saya bagaimana cara membangun hubungan kerjasama yang baik antara sesama individu bahkan individu dengan kelompok,karena menjalin kerjasama yang baik bukanlah hal yang mudah dan melalui artikel ini saya bisa menambah pengetahuan cara menjalin kerjasama yang baik dengan orang lain sehingga menciptakan hubungan kerjasama yang harmoni dan lebih baik lagi.

    Terimah kasih pak


  89. Geraldo Edward Ruhukail on said:

    Nama : Geraldo Edward Ruhukail
    Nim : 201781016
    Prodi : Agribisnis
    Tema : Berpikir hal yang salah

    Orang yang baik akan selalu baik sementara orang yang jahat akan selalu jahat. Cara berpikir ini salah karena tidak bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan hanya melihat bagian yang terbesarnya.

  90. wa ode surina judin on said:

    Nama : wa ode surina judin
    NIM :2018-81-025
    Prodi :Agribisnis
    selamat malam pak, menurut saya timbulnya cara berfikir yang salah yaitu di karenakan individu individu mempunyai pola berfikir yang berbeda beda sehingga dapat menimbulkan terjadinya kesalah pahaman atau cara berfikir yang salah karna kurngnya pemahaman

  91. Dhea Safya Maharani on said:

    Selamat malam pak, saya telah membaca artikel bapak dan saya sangat setuju dengan 7 cara membangun hubungan kerja sama, saya sangat merekomendasikan tulisan ini untuk mahasiswa karena dengan membaca ini saya rasa saya dan teman mahasiswa lainnya dapat membangun kerja sama yang baik dengan siapapun.
    Selain itu ini sangat relate dengan kehidupan manusia karena seperti yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial sehingga perlu adanya interaksi antar sesama dengan membangun komunikasi serta kerja sama yang baik.

    Nama : DHEA SAFYA MAHARANI
    Nim : 201881005
    EKOLOGI MANUSIA

  92. Helma Feronika Maspaitella on said:

    selamat pagi pak. disini saya sangat setuju dengan artikel bapak mengenai strategi membangun kerjasama dengan institusi internasional apalagi pada bagian 7 cara membangunan hubungan kerjasama,saya sangat suka dan sangat mengapresiasi 7 cara membangun hubungan kerjasama dikarenakan jika kita selaku mahasiswa menerapkan 7 cara tersebut dalam dunia kampus maupun lingkungan sekiar kita maka hal itu sangat membahwa dampak positif bagi kita.
    Nama: Helma Feronika Maspaitella (201855005)

  93. IN KRISTI LONI NORIMARNA on said:

    selamat pagi pak
    menurut saya, kita adalah makhluk sosial demikian halnya dengan suatu negara. Kita/Negara tidak dapat berkembang/maju tanpa pertolongan/bantuan pihak lain. Namun terkadang keegoisan yang membuat kerjasama tudak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu 7 cara membangun kerjasama dengan pihak lain yang bapak sampaikan dalam tulisan harus benar-benar dilaksanakan dengan baik. Karena pada akhirnya saling membantu dan melayani satu sama lain maka semua kerjasama akan berhasil dan semua pihak akan memperoleh berkatNYA.

  94. Vilia Paays on said:

    Terimakasih prof, atas ulasan 7 cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain. Menurut saya, tulisan ini dapat meningkatkan pengetahuan pembaca serta menjadi acuan evaluasi bagi diri sendiri.

    • Raudatul Jana Bugis on said:

      Selamat siang Pak , Di sini saya sangat setuju sekali dengan Artikel Bapak, dan ada ulasan yang mengenai Manusia Indonesia dan Ilmu pengetahuan. Yan di mana kita menyadari bahwa suatu sistem tradisonal berjalan bersama dan ilmu pengetahuan itu disini tumbuh di atas akar budaya tradisional .

  95. Wa Ode Surina Judinm on said:

    Selamat pagi pak
    Saya sangat setuju dengan penulisan artikel yang bapak buat tentang membangun kerjasama dengan institusi internasional.Karena tanpa adanya kerja sama maka semua pekerjaan tidak akan ada yang selesai dengan sempurnah atau bahkan tidak berhasil. Maka dari itu dengan adanya 7 cara kerja sama yang bapak tulis dapat mempermudah kita untuk membangun kerjasama yang baik dan benar bahkan juga bisa membuat kita hidup bersosialisasi dengan baik.

  96. Ancelina ohoiledwarin on said:

    Saya setuju dengan 7 cara membangun hubungan kerjasama dengan pihak lain. Sangat dibutuhkan untuk mahasiswa dan lingkungan lain nya karena, Untuk menjalankan kerjasama yang baik dalam suatu lingkungan dibutuhkan kerjasama untuk dapat membangun suatu hubungan yang erat.
    Nama : Ancelina ohoiledwarin
    Nim : 201881053
    Prodi : Agribisnis

  97. MOH. RAHMAD SANTOSO on said:

    Nama : Moh. Rahmad Santoso
    Nim : 2019-81-053
    Prodi : Agribisnis

    Saya sangat setuju dengan penulisan artikel yang bapak buat tentang membangun kerja sama dengan institusi internasional. Apalagi dalam 7 bagian cara membangun hubungan kerjasama, hanya saja beberapa bagian butuh di tambahkan lagi seperti yang pak bilang lebih mengembangkan kualitas dari pada kuantitsa hal itu agak di kaji lagi pak melihat dunia yang makin modern ini kualitas saja tidak menetukan bahkan kerjasama akan berhasil jadi butuh kuantitas juga dalam hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>